tugas softskil 3DB04(pengertian, jenis dan ruang lingkup E-bisnis)
Thursday, November 25, 2010
Pengertian E-Bisnis
• e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem yang terotomasi
• Bagaimana teknologi informasi (elektronik dan digital) berfungsi sebagai medium tercapainya proses dan sistem bisnis (pertukaran barang dan jasa) yang lebih baik dibandingkan cara-cara konvensional
Era Digital = Era e-Business
• Perubahan paradigma, old economy to digital economy
• Digitalisasi segala aktivitas ekonomi/bisnis mendasari terbentuknya “Digital Economy/e-Business” Surat Elektronik, audio/video dll
• Data dan informasi dapat dengan mudah diterima/disebar sehingga memudahkan proses bisnis
• Era digital memudahkan/mempercepat perkembangan e-Business
MengapMengapa Diigiitalliisasii Berkembang?
• Karena sangat mudah diduplikasi
• Biaya murah pada saat menduplikasi
• Mudah melakukan proses restrukturisasi (mis: analog ke digital)
• Dapat memperbaiki kualitas sumber daya fisik
Value e-business terhadap perusahaan
Efficiency
– Perbaikan efisiensi perusahaan (40% biaya operasional utk penciptaan dan penyebaran informasi)
– E-mail, Website, Call Center, VOIP, Sistem Pendukung Keputusan dll.
Effectiveness
– Penerapan SCM meningkatkan efektifitas operasional
– Penerapan ERP à mengintegrasikan aktivitas perusahaan
– Peningkatan kualitas pengambilan keputusan
Reach
– Perluasan jangkauan dan ruang gerak perusahaan
– Memperluas kerjasama dan cakupan ‘daerah’ bisnis
– Menembus batas ruang dan waktu
Structure
– Struktur bisnis lebih simple/sederhana
– Virtual Company
– Perubahan perilaku perusahaan dalam berbisnis
Opportunity
– Peluang yang besar untuk inovasi perusahaan
– e-Marketing, e-Financing, e-Procurement, e-Logistics, e-Inventory, dll
Ruang Lingkup E-bisnis
Prinsip 4 W untuk memahami ruang lingkup e-bisnis:
o What
- wilayah e-bisnis mencakup kolaborasi antara organisasi dengan mitranya, interaksi antara organisasi dengan pelanggannya, dl.
- luasnya komunikasi yang dimungkinkan dengan teknologi
internet berdampak pada luasnya wilayah e-bisnis.
o Who
Entitas-entitas yang berinteraksi dalam suatu sistem e-bisnis dapat diklarifikasikan menjadi : Agent, business, Consumer, Device, Employe, Family dan Goverment
o Where
Kegiatan e-bisnis dapat dilakukan dimana saja, sejauh pihak-pihak yang berkepentingn memiliki fasilitas elektronik
o Why
Penerapan e-bisnis tidak saja menguntungkan organisasi karena komponen biaya tinggi yang dapat dihemat, tetapi juga memberikan kesempatn kepada organisasi untuk menaikkan tingkat pendapatannya.
B2C (Business to Consumers)
• Antara organisasi dengan perorangan
• Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil
• Transaksi tidak sering terjadi
• Secara relatif sederhana
B2B (Business to Business), B2G (Business to government), B2E (Business to education):
• Antar organisasi
• Nilai uang yang dilibatkan lebih besar
• Hubungan yang kuat dan berkelanjutan
• Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan
• Lebih kompleks