Friday, June 15, 2012

Manusia dan harapan

A.    Pengertian Manusia
Manusia adalah mahluk hidup ciptaan tuhan yang paling sempurna,karena manusia di berikan akal pikiran, tidak seperti mahluk hidup yang lainnya. Manusia juga diartikan sebagai mahluk sosial karena manusia tidak biasa hidup sendiri saling membutuhkan satu sama lain.
    B.    Pengertian Harapan
Harapan adalah awal dari segalanya’ merupakan sebuah ungkapan yang tidak berlebihan. Karena sepertinya , memang,  hidup dan kehidupan ini dibangun di atas batu bata harapan. Tersusun menjadi cita-cita dan impian tentang hari esok yang lebih baik. Dari sinilah kemudian sesungguhnya peradaban itu dimulai. Dari segumpal harapan yang tumbuh dan berkembang menjadi bongkahan impian dan kemudian melahirkan berbagai bentuk bangunan peradaban yang menjadikan hidup lebih hidup.
C.     Macam – Macam Harapan
Menurut Abraham Maslow mengkategorikan kebutuhan manusia menjadi lima macam. Lima macam kebutuhan manusia itu merupakan lima harapan manusia. Lima macam harapan itu ialah
·      Harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup (survival).
·      Harapan untuk memperoleh keamanan (safety).
·      Harapan untuk memiliki hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai (beloving and love).
·      Harapan memperoleh status atau untuk diterima atau di akui lingkungan.
·      Harapan untuk memperoleh perwujudan dan cita-cita (self actualization).
 D.    Contoh Harapan
·  Setelah kita melakukan atau mengikuti Lomba dan berusaha, akhirnya kita berharap kita masuk seleksi dan mendapat juara.
·  Hadir seorang wiraswasta yang rajin. Sejak mulai menggarap usahanya iamempunyai harapan usahanya menjadi besar dan maju. Ia yakin usahanya menjadikenyataan, karena itu berusaha bersungguh - sungguh dengan usahanya.
E.     Penyebab Manusia Mempunyai Harapan
·      Dorongan kodrat
·      Dorongan kebutuhan hidup
·      Kelangsungan hidup (survival)
·      Keamanan
·      Hak dan kewajiban mencintai dan discintai
·      Perwujudan cita – cita
 F.     Faktor Pendukung Harapan
Harapan adalah awal dari sebuah alur hidup. Alur tersebut tidak akan pernah selesai dengan tuntas dan menghasilkan apa yang diharapkan jika tidak ada upaya-upaya yang jelas untuk mewudujkan harapan tersebut.
·      Hal pertama yang harus dilakukan untuk mewujudkan harapa adalah mendefinisikan harapan menjadi  target-target pencapaian.
·      Target-target yang definisikan harus visible artinya harus mungkin dapat dicapai artinya sumber daya yang diperlukan dan usaha-usaha yang harus dilakukan untuk mewujudkan harapan seperti  waktu, tenaga, biaya, materi pendukung dan sumber daya lainnya ada dan mungkin untuk disediakan.
·      Tetapkan target yang jelas. Target menjadikan upaya untuk mewujudkan harapan menjadi lebih terarah dan lebih fokus.
·      Batasan atau konstrain, Dalam kehidupan, manusia tidak terlepas dari batasan-batasan atau kontrain. Hal yang umum menjadi konstrain adalah waktu, biaya, dan sumber daya. Batasan atau konstrain akan menentukan langkah-langkah yang akan akan diambil. Dengan konstrain langkah-langkah menjadi lebih terseleksi.
·      Dorongan Kodrat. Kodrat adalah sifat, keadaan atau pembawaan alamiah yang sudah terwujud dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh Tuhan.
·      Dorongan Kebutuhan Hidup, Manusia memiliki kebutuhan hidup, umumnya adalah kebutuhan jasmani dan rohani. Untuk memenuhi kebutuhan itu manusia harus bekerja sama dengan manusia lain.
G.    Faktor Penghambat Harapan
·      Sumber daya waktu
Waktu yang kita miliki terbatas. Waktu sangat mahal. Karena waktu tidak dapat Dampak & Penanggulangan Jika Harapan Tidak Tercapai
Dengan memiliki harapan manusia memiliki semangat hidup untuk meraih harapan nya. Namun pada kenyatan nya ada harapan manusia tidak semua memiliki dampak baik bagi manusia itu sendiri, ini di sebabkan karena beberapa hal, pertama harapan mereka yang terlalu tinggi yang tidak mungkin bisa didapat kan nya, lalu ketika mereka sedang berusaha meraih harapan itu ada suatu kejadian atau musibah sehingga manusia itu gagal atau tidak biasa meraih harapan itu. 
Maka dampak nya beruapa depresi/frustasi  dan akhirnya ada yang bunuh diri, dan ada juga mereka yang berubah  sifat karakter mereka, gaya hidup serta kepribadian mereka. Itu dampak buruk dari harapn apabila tidak tercapai. Dalam hal ini tidak semua harapan dan keinginan berdampak positif bagi manusia. Tetapi itu semua kembali lagi kepada diri manusia itu sendiri. Dalam menggapai harapan kita harus berusaha dengan gigih dan berdoa untuk mengapai nya. Namun apabila tadak tercapai, hendak lah kita untuk tidak cepat berputus asa. Apabila semua harapan yang telah perjuangkan dengan sungguh-sungguh tidak tercapai.
dikembalikan. Perjalanan hidup di dunia adalah perjalanana dalam lorong waktu. Jika waktu hanya habis oleh harapan-harapan yang tidak pernah diupayakan untuk dicapai, maka sia-sia saja hidup di dunia ini. Hidup di dunia hanya sekali. Satu kali kesempatan untuk mengumpulkan bekal untuk kehidupan yang abadi, akhirat.
·      Sumber daya materi seperti uang, dan barang
Sumber daya uang atau barang meski terbatas tapi dapat diupayakan keberadaannya. Dengan mengenali kemampuan diri dan target yang sesuai maka keterbatasan sumber daya materi tidak lagi menjadi halangan bagi pencapaian harapan kita.
·      Sumber daya manusia
Sumber daya manusia adalah aktor utama dalam pencapaian sebuah harapan. Manusia adalah asal dari harapan, penggerak, pelaksana, dan pencapai harapan. Hanya sumber daya manusia yang memiliki ilmu dan ketaqwaan disertai dengan usaha yang tekun yang akan mampu mewujudkan harapan-harapannya.
Daftar Pustaka
Share on :

No comments:

Post a Comment

 
© Copyright Idekubagus 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Fadly Nozella | Published by Borneo Templates and Theme4all