Thursday, November 25, 2010

tugas softskil 3DB04(pengertian, jenis dan ruang lingkup E-bisnis)


Pengertian E-Bisnis

• e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem yang terotomasi
• Bagaimana teknologi informasi (elektronik dan digital) berfungsi sebagai medium tercapainya proses dan sistem bisnis (pertukaran barang dan jasa) yang lebih baik dibandingkan cara-cara konvensional

Era Digital = Era e-Business
• Perubahan paradigma, old economy to digital economy
• Digitalisasi segala aktivitas ekonomi/bisnis mendasari terbentuknya “Digital Economy/e-Business” Surat Elektronik, audio/video dll
• Data dan informasi dapat dengan mudah diterima/disebar sehingga memudahkan proses bisnis
• Era digital memudahkan/mempercepat perkembangan e-Business

MengapMengapa Diigiitalliisasii Berkembang?
• Karena sangat mudah diduplikasi
• Biaya murah pada saat menduplikasi
• Mudah melakukan proses restrukturisasi (mis: analog ke digital)
• Dapat memperbaiki kualitas sumber daya fisik

Value e-business terhadap perusahaan

Efficiency
Perbaikan efisiensi perusahaan (40% biaya operasional utk penciptaan dan penyebaran informasi)
E-mail, Website, Call Center, VOIP, Sistem Pendukung Keputusan dll.
Effectiveness
Penerapan SCM meningkatkan efektifitas operasional
Penerapan ERP à mengintegrasikan aktivitas perusahaan
Peningkatan kualitas pengambilan keputusan

Reach
Perluasan jangkauan dan ruang gerak perusahaan
Memperluas kerjasama dan cakupan ‘daerah’ bisnis
Menembus batas ruang dan waktu

Structure
Struktur bisnis lebih simple/sederhana
Virtual Company
Perubahan perilaku perusahaan dalam berbisnis

Opportunity
Peluang yang besar untuk inovasi perusahaan
e-Marketing, e-Financing, e-Procurement, e-Logistics, e-Inventory, dll


Ruang Lingkup E-bisnis

Prinsip 4 W untuk memahami ruang lingkup e-bisnis:

o What
- wilayah e-bisnis mencakup kolaborasi antara organisasi dengan mitranya, interaksi antara organisasi dengan pelanggannya, dl.
- luasnya komunikasi yang dimungkinkan dengan teknologi
internet berdampak pada luasnya wilayah e-bisnis.

o Who
Entitas-entitas yang berinteraksi dalam suatu sistem e-bisnis dapat diklarifikasikan menjadi : Agent, business, Consumer, Device, Employe, Family dan Goverment

o Where
Kegiatan e-bisnis dapat dilakukan dimana saja, sejauh pihak-pihak yang berkepentingn memiliki fasilitas elektronik

o Why
Penerapan e-bisnis tidak saja menguntungkan organisasi karena komponen biaya tinggi yang dapat dihemat, tetapi juga memberikan kesempatn kepada organisasi untuk menaikkan tingkat pendapatannya.

B2C (Business to Consumers)
Antara organisasi dengan perorangan
Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil
Transaksi tidak sering terjadi
Secara relatif sederhana

B2B (Business to Business), B2G (Business to government), B2E (Business to education):
Antar organisasi
Nilai uang yang dilibatkan lebih besar
Hubungan yang kuat dan berkelanjutan
Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan
Lebih kompleks
Share on :

No comments:

Post a Comment

 
© Copyright Idekubagus 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Fadly Nozella | Published by Borneo Templates and Theme4all